Tips Memilih Bimbingan Belajar Yang Baik

Tips Memilih Bimbingan Belajar Yang Baik

Persaingan yang makin ketat di dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mengharuskan anak-anak kita belajar lebih efektif dan efisien. Jam belajar tidak harus panjang, namun harus efektif. Masalah yang muncul adalah, sering anak-anak tidak bisa mengatur jam belajarnya sendiri.Belajar juga menjadi tidak efektif karena banyak hal-hal yang mengalihkan perhatian dan konsentrasi mereka. Untuk itu kadang  belajar di lembaga bimbingan belajar menjadi suatu kebutuhan.

Sebagai orangtua, kita tentu menginginkan agar anak-anak belajar di lembaga bimbingan belajar yang berkualitas dan bisa  meningkatkan prestasi belajar anak-anak.  memilih bimbingan belajar harus cermat, agar tidak menjadi kontra produktif nantinya.

Berikut beberapa tips memilih bimbingan belajar yang baik :

1.    Perhatikan Lingkungan Bimbel

Lingkungan di sekitar bimbingan belajar harus kondusif bagi kegiatan belajar anak dan anak merasa nyaman. Lingkungan yang terlalu ramai, dekat jalan raya yang padat, sebaiknya dihindari. Kebisingan akan mengganggu konsentrasi anak  sehingga belajar menjadi tidak efektif.

2.    Fasilitas Bimbingan Belajar

Fasilitas bimbingan belajar harus lengkap dan bersih. Perhatikan apakah kamar mandi, wc atau toiletnya bersih dan terpelihara. Ruang kelas bersih dan nyaman. Lebih bagus lagi kalau ada jaringan wifi yang terpercaya.

3.    PERHATIKAN SILABUS DAN MATERINYA

Bimbingan belajar yang baik akan memiliki materi dan silabusnya tersendiri yang sudah terdokumentasi dengan baik dan selalu di update sesuai dengan perubahan kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Orangtua harus ikut memperhatikan apakah modul yang digunakan sesuai dengan kebutuhan anak, sesuai dengan di sekolah atau tidak.

Bimbel yang baik tidak semata-mata hanya mengajarkan materi pelajaran, tapi juga harus mampu memberikan  materi motivasi dan pembentukan karakter dalam kegiatan belajar kesehariannya.

4. Perhatikan Jarak Antara Rumah Dengan Tempat Bimbingan Belajar

Ada beberapa pertimbangan lain yang tak kalah penting dilakukan sebelum memutuskan mengambil tempat bimbingan belajar untuk sang anak. Jarak antara bimbel dan rumah sebaiknya tidak terlalu jauh, agar anak tidak capai di jalan.

5.    Rasio Dalam Kelas Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar yang baik adalah satu guru memandu tidak lebih dari 20  murid. Jika terlalu banyak siswa maka belajar menajdi tidak efektif karena terlalu ramai.
6. Biaya Bimbingan

Biaya bimbingan juga harus menjadi peritimbangan. pilih bimbingan yang memiliki skema pembiayaan yang rasional. Bimbingan dengan biaya yang terlalu mahal, tidak selalu berarti lebih baik dalam kualitas. Terkadang mahalnya biaya bimbingan belajar; lebih karena gedung yang digunakan bukan  milik sendiri, namun sewa, sehingga biaya sewa gedungpun harus  ditanggung oleh siswa bimbingan.

7. Perhatikan Guru atau mentor pengajarnya.

Banyak bimbingan yang asal-asalan merekrut tenaga pembimbing atau mentor. Bimbingan belajar yang baik akan merekrut pengajar yang berkualitas. Tingkat pendidikan yang tinggi, S1 bahkan S2 pada bidangnya dan memiliki kemampuan mengajar yang baik, sistematis dan mampu memotivasi siswa.

Nah, demikian tips-tips memilih bimbingan belajar yang baik. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *